7 Cara Merawat Kaos Sablon Supaya Tidak Cepat Rusak


Apakah Anda memiliki banyak kaos sablon? Memang kaos sablon membutuhkan perawatan yang lebih dibandingkan dengan kaos yang tanpa sablon. Hal ini dikarenakan sablonan pada kaos dapat mengalami kerusakan jika tidak dirawat dengan baik. Hal yang paling ringan terjadi adalah sablon menjadi pecah-pecah. Tentu Anda tidak ingin hal tersebut terjadi kepada kaos Anda bukan? Apalagi terjadi kerusakan pada custom T Shirt kesayangan Anda yang sudah susah-susah didesain dan dibuat sesuai keinginan.



Cara Merawat Kaos Sablon

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan supaya kaos sablon Anda tetap terjaga dan terhindar dari kerusakan. Cara-cara berikut ini memang simple namun benar-benar harus Anda terapkan. Jika tidak, kerusakan dapat terjadi mulai dari yang paling ringan seperti sablon pecah-pecah hingga kerusakan parah pada kaos sehingga tidak dapat dipakai. Apa saja hal-hal yang dapat dilakukan untuk menjaga dan merawat kaos sablon? Yuk simak ulasannya berikut!

  1. Jangan Gunakan Detergen Terlalu Banyak
Jika Anda merendam ataupun mencuci kaos dengan sablon, usahakan untuk tidak menggunakan detergen dalam jumlah yang banyak. Detergen yang digunakan dalam jumlah banyak dapat menyebabkan kerusakan baik kepada kain maupun cetakan sablon.

Gunakan secukupnya saja. Jika ada noda membandel lebih baik menggunakan sabun cair daripada menggunakan detergen dalam jumlah yang banyak. Rendam detergen terlebih dahulu pada air dan hindari pemakaian detergen langsung pada kaos.

  1. Jangan Rendam Kaos Terlalu Lama
Ketika Anda ingin merendam kaos bersablon usahakan jangan terlalu lama. Cukup 30 menit saja. Jika kaos tidak terlalu kotor, Anda dapat langsung mencucinya dan tidak perlu untuk direndam terlebih dahulu.

  1. Pisahkan pakaian ketika mencuci
Sebelum Anda mencuci T Shirt printing, pastikan bahwa tidak terdapat pakaian lainnya yang memiliki warna mudah luntur. Apalagi jika kaos Anda berwarna putih. Memisahkan pakaian berdasarkan tingkat kotornya juga akan membantu kaos sablon Anda lebih bersih dan tahan lama karena tidak tercampur dengan kotoran lain.

  1. Cuci secara perlahan
Sebagian besar kaos berbahan cotton sehingga membutuhkan perawatan yang ekstra. Jangan mencuci terlalu kuat karena dapat merusak kain. Hindari penggunaan sikat. Kaos sablon Anda juga akan lebih baik jika dicuci menggunakan tangan dibandingkan dengan menggunakan mesin. Usahakan kaos tidak terlipat lipat dan mengkerut ketika dicuci maupun dijemur.

  1. Hindari Sinar Matahari Langsung
Hal yang harus Anda hindari ketika menjemur kaos sablon adalah sinar matahari langsung. Jemurlah kaos pada tempat yang sejuk dengan cara dibalik. Sinar matahari langsung dapat membuat warna pada kaos menjadi pudar. Selain itu, kualitas sablon juga akan menurun. Biasanya pecah-pecah.

  1. Setrika dengan benar
Apabila selesai menjemur, usahakan untuk langsung menyetrikanya. Hal ini karena ketika dicuci dan dijemur biasanya ada kerutan pada daerah sablon. Maka supaya kerutan tersebut tidak merusak sablon, hendaknya langsung disetrika ketika kering. Gunakan suhu yang sedang seperti aturan menyetrika cotton. Jangan menyetrika di bagian sablon karena akan merusak sablon, kecuali jika Anda melapisinya dengan kertas.

  1. Jangan menggunakannya saat tidur
Kaos yang digunakan tidur akan jauh lebih kotor dan pastinya akan melar karena tekanan ketika tidur. Maka supaya kaos Anda awet, jangan digunakan untuk tidur. Cucilah kaos ketika selesai digunakan untuk kegiatan.

Demikian beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat custom T Shirt kesayangan. Ingat bahwa kaos sablon Anda membutuhkan perawatan supaya tahan lama. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer