Bunuh Diri Dapat Dihindari! Ketahui Pertanda serta Langkah Melawannya

Bunuh diri adalah aksi impulsif yang dapat ada setiap saat serta dalam keadaan apa pun. Sering orang susah untuk mengidentifikasi dengan jelas jika yang berkaitan berpikir untuk akhiri hidup. Tetapi, bila kita cukup peka serta cermat, ada banyak hal yang sering dipertunjukkan, loh.



dr Yaniar Mulyantini, SpKJ, dari Poli Psikiatri Rumah Sakit Umum Wilayah (RSUD) Pasar Minggu menjelaskan jika bunuh diri adalah aksi yang lewat proses panjang. Hanya orang seputar belum pasti peka terima sinyal-sinyalnya. Mirip contoh, umumnya yang berkaitan mulai terpikir mengarah kematian.

"Sepertinya saya gak perlu ada saja deh di dunia ini," kata dokter Yaniar memberi contoh pertimbangan yang terbersit sebelum satu orang ingin bunuh diri.

"Mungkin buat yang tidak alami, merasakan ini pemikiran biasa saja. Tetapi, buat yang berkaitan kita tidak tahu sebegitu dalam sebenarnya yang mereka alami," imbuhnya.

Oleh karenanya, menurut dokter Yaniar penting untuk warga seputar lebih peka masalah desas-desus ini. Ada banyak hal yang bisa dikerjakan saat satu orang menunjukkan pertanda bunuh diri:

1. Langsung mendekati serta ajak bicara. Cukup jadi pendengar yang baik.

2. Jika merasakan bukan kapasitasnya untuk membantu selekasnya mencari pertolongan tenaga profesional.

3. Yakinkan yang berkaitan ada pada kondisi yang nyaman dan aman. Jauhkan barang-barng yang kecenderungannya beresiko meneror keselamatannya.

4. Dekatkan yang berkaitan ke keluarga atau dukungan sistem.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer