Berapakah Lingkar Perut Baik Supaya Tidak Mudah Terkena Penyakit?

Mempunyai berat tubuh baik ialah idaman setiap orang. Tetapi berat tubuh saja kurang bila ingin sehat, sebab besarnya lingkar perut butuh dilihat.



Satu orang pakar gizi, Emilia E. Achmadi, menyebutkan peranan memeriksa lingkar perut untuk lihat distribusi lemak pada badan manusia. Makin distribusi lemaknya banyak di seputar perut, karena itu makin rawan efek diserang diabetes melitus.

"Jadi itu yang menyebabkan penyakit degeneratif seperti diabetes melitus," tuturnya.

Memeriksa lingkar perut dengan periodik itu penting untuk mengatur lemak yang berada di perut. Distribusi lemak pada lelaki serta wanita berlainan. Ukuran lingkar perut yang baik untuk lelaki tidak kurang dari 90 cm serta untuk wanita tidak kurang dari 80 cm.

Dalam satu interviu dengan detikcom, Ketua umum PB Perkeni (Perkumpulan Endokrinologi Indonesia), Prof Dr dr Ketut Suastika, SpPD-KEMD menyebutkan lingkar perut serta lebih tepat dibandingkan Indeks Massa Badan (IMT) dalam meramalkan efek penyakit. Menurut dia, IMT lebih pas diaplikasikan di Eropa.

"Di Asia, pria makin banyak alami obesitas sentra, yaitu di perut saja. Serta itu ialah unsur efek diabetes," jelas Prof Suastika.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer