6 Model Jaket Bomber Menurut Perkembangannya


Beberapa waktu yang lalu, jaket bomber menjadi salah satu fashion item yang begitu populer. Berbagai kalangan dari yang muda hingga yang tidak lagi muda memakai jaket ini karena alasan sedang trend. Padahal jaket model bomber ini bukanlah fashion item biasa. Jaket ini didesain khusus untuk para anggota militer angkatan udara Amerika Serikat sejak masa perang dunia ke-2.



Sejak masa tersebut, bomber jacket telah melewati perubahan desain sesuai dengan perkembangan. Dari yang awalnya berbahan kulit, kini berganti menggunakan material dari nilon. Bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut, berikut ini adalah enam model jaket bomber menurut perkembangannya.

  1. Model A-1
Model yang pertama adalah model A-1. US Army Air Corps menggunakan model ini sebagai jaket penerbangan militer mereka pada tahun 1927. Jaket model ini menggunakan kancing untuk menyatukan kedua sisi jaket. Bagian kerahnya merupakan hasil rajutan sehingga mampu membuat area di sekitar leher lebih hangat. Pada bagian lengan dan pinggang, digunakan material berupa karet agar bisa menyesuaikan ukuran orang yang memakainya.

  1. Model A-2
Model jaket A-2 ini mulai diluncurkan pada tahun 1931 oleh US Army Air Corps. Tepatnya pada tanggal 9 Mei 1931 yang diperuntukkan bagi para pilot, navigator, dan bombardier angkatan udara Amerika Serikat. Karena merupakan kelanjutan dari bomber jacket model A-1, jaket ini memiliki desain yang hampir sama dengan pendahulunya. Bedanya, model A-2 tidak lagi menggunakan kancing, melainkan menggunakan resleting untuk bagian depan dan saku.

  1. Model G-1
Model yang ketiga adalah model G-1. Jika kamu pernah melihat film Top Gun, jaket ini dikenakan oleh pemeran utamanya yaitu Tom Cruise di film tersebut. Desainnya hampir mirip dengan model A-2. Bedanya terletak pada bagian leher. Jaket model G-1 ini memiliki kerah yang dilapisi dengan bulu.

Model bomber jacket G-1 diperkenalkan pada masa perang dunia ke-2 dan menjadi salah satu jaket bomber paling terkenal di antara model lainnya. Terlebih lagi sejak dikenakan Tom Cruise di film Top Gun pada tahun 1986.

  1. Model B-15
Berbeda dengan model-model sebelumnya yang terbuat dari kulit, bomber jacket model B-15 menggunakan nilon sebagai materialnya. Bagian kerahnya menggunakan bahan wol yang dilapisi dengan bulu. Jaket model B-15 ini memiliki dua saku di bagian depan jaket yang diletakkan miring serta satu buah saku kecil di bagian lengan. Masing-masing saku menggunakan resleting sebagai penutupnya.

  1. Model MA-1
Pada tahun 1950-an, Angkatan Udara dan Angkatan Laut Amerika Serikat memperkenalkan jaket bomber model MA-1. Jaket ini diperuntukkan bagi para para pilot dan kru penerbangan. Material yang digunakan adalah nilon flight silk dengan lapisan dalam berwarna orange. Penggunaan material ini untuk membuat jaket lebih ramping, ringan, namun sanggup membuat pemakainya tetap hangat.

  1. Model MA-2
Selanjutnya adalah model MA-2. Model ini merupakan kelanjutan dari model MA-1. Dari bentuknya, jaket model ini hampir menyerupai dengan model MA-1 dengan perbedaan pada beberapa bagiannya. Jaket model MA-2 memiliki saku kargo yang besar, menggunakan lapisan dalam dengan warna yang senada dengan bagian luarnya, serta menggunakan material dari bahan Nomex.

Jaket ini dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu CWU-45 untuk penggunaan ketika cuaca dingin dan CWU-36P untuk penggunaan ketika cuaca lebih hangat. Saat ini, jaket model MA-2 menjadi jaket yang digunakan untuk penerbangan militer di Amerika Serikat.

Nah, itulah enam macam model jaket bomber sesuai dengan perkembangannya. Kini, bomber jacket tidak hanya menjadi seragam khusus militer, tapi sudah menjadi ikon fashion yang populer di dunia. Hampir semua kalangan memakainya, mulai dari kalangan anak muda hingga presiden ke-7 Indonesia, Joko Widodo, pun memakainya.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer