Penjelasan Seputar Biduran serta Jenis dan Penyebabnya


Biduran adalah reaksi yang ada di sekitar kulit manusia, yang juga dikenal dengan istilah urtikaria, ini juga ditandai dengan adanya beberapa ruam pada kulit yang memerah, dan menonjol serta membuat gatal pada penderitanya. Ruam pada kulit bisa meluas dan membentuk seperti pulau dan juga seperti ruam kemerahan. Biasanya biduran juga bisa disebut dengan kalibata ini timbul dengan rasa yang sangat gatal juga disertai rasa seperti terbakar dan menyengat. Biduran ini muncul secara tiba tiba dimanapun kadang di bibir, wajah, lidah , telinga serta tenggorokan.



Pengertian Biduran

Urtikaria juga bisa disebut dengan istilah hive. Urtikaria yaitu ruam merah dan terasa gatal pada kulit, dan kadang muncul bercak serta bejolan merah di area sekitar kulit. Untuk ukuran urtikaria ini berbagai macam, ada yang besar ada juga yang kecil bahkan ada yang sampai seukuran piring makan dan yang lebih parah bisa membentuk ukuran yang luas yang juga bisa menjadi plak.

Nah apabila mulai muncul gatal gatal, biduran merupakan penyakit yang sering sekali dikira sebagai sebab gigitan dari nyamuk. Biasanya juga bengkak pada kulit akan hilang dalam beberapa menit bahkan bisa dalam beberapa jam yang parah bisa hilang selama beberapa hari atau bahkan dalam beberapa minggu, serta bisa bertahan lebih lama lagi.

Banyak sekali kasus yang ditemui, bila gatal gatal yang bukan disebabkan oleh alergi dan urtikaria bisa diobati dengan efektif menggunakan antihistamin yang sama sekali tidak menimbulkan efek samping mengantuk bagi penggunanya.

Apabila terjadi gata gatal secara terus menerus setiap hari bahkan lebih dari 1 bulan , ini disebut juga dengan urtikaria berkelanjutan (kronis), hal ini memerlukan pengobatan tambahan. Sekarang kalian kan sudah tahu pengertian dan penjelasan tentang biduran, nah ini beberapa penyebab biduran yang perlu kalian tahu.

Pemicu Terjadi Biduran
Biduran akan terjadi dari respons zat kimia di dalam tubuh yang biasa disebut histamine, nah ini dapat menyebabkan di sekitar jaringan di kulit menjadi membengkak. histamin serta bahan kimia lain juga membuat pembuluh darah menjadi bocor serta menyebabkan membesarnya pembuluh darah, ini menyebabkan cairan yang ada di dalam darah menjadi keluar dan bocor sehingga menyebabkan bengkak dan juga gatal gatal.

Reaksi alergi pada bahan kimia makanan dan juga cahaya matahari serta sengatan dari serangga maupun dari obat obatan, semuanya ini juga bisa mengakibatkan terlepasnya histamine. Tidak ada yang tahu pasti penyebab dari biduran ini.

penyebab lain terjadinya biduran ini yaitu

·         parasite pada usus
·         perubahan suhu yang sangat extream
·         infeksi virus
·         alergi makanan
·         infeksi bakteri
·         suhu tubuh yang tinggi
·         kotoran kecoak
·         debu dan tungau
·         serbuk sari dan getah
·         stress
·         olahraga

Faktor Yang menyebabkan Biduran

Kadang Urtikaria sering dikaitkan bersamaan alergi pada makanan, obat obatan, serangga, serta zat lainnya, urtikaria ini pun bisa diakibatkan oleh factor non alergi contohnya penyakit autoium, serta juga keracunan makanan. Bahkan juga bisa tidak diketahui penyebabnya.

Siapapun beresiko terkena biduran, namun kebanyakan kita jumpai pada orang yang pernah terkena riwayat alergi kebanyakan pada anak anak serta pada wanita berumur 30 tahun sampai dengan 60 tahun. Di prediksi sampai dengan 23 persen pada orang dewasa pernah terkena sekurang kurang nya satu kali seumur hidup urtikaria ini.

Itulah sedikit tentang penjelasan biduran, jenis maupun penyebabnya, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi pembaca semua.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer