Mengenal Keratin Rambut dan Cara Perawatan yang Benar


Bagi wanita, rambut merupakan mahkota yang harus dijaga agar bisa tampil sehat dan berkilau. Seiring pertambahan usia yang semakin menua, banyak orang mengeluhkan kondisi rambut yang mulai rusak, kusam dan sulit diatur. Penyebab kerusakan rambut juga bisa dikarenakan gaya hidup tidak sehat yang berimbas pada produksi keratin rambut yang menurun.



Fungsi keratin rambut dan fakta penyebab kerusakan yang harus Anda ketahui
Keratin merupakan protein alami yang terdapat pada rambut, gigi dan kuku. Jika seseorang semakin tua, maka produksi protein alami ini juga berkurang. Jangan heran kalau banyak orang mencari solusi perawatan yang bisa menjaga produksi protein alami pada rambut dan bagian tubuh lain. Kalau dibiarkan secara terus menerus, rambut Anda bisa mengalami kerusakan yang lebih parah.

Faktor penyebab kerusakan rambut tak hanya usia, namun gaya hidup yang tidak sehat. Kebiasaan Anda mengganti gaya rambut dengan styling tools dan penggunaan bahan kimia berlebihan. Bahkan Anda harus tahu bahwa protein alami rambut bisa menghilang sepenuhnya kalau pernah di-bleaching. Buat wanita yang sering menggunakan hair dryer, pelurusan rambut menggunakan catok dan sebagainya bakal rentan mengalami kerusakan rambut lebih serius.

Cara merawat keratin rambut

Untuk merawat protein alami rambut agar tidak rusak, Anda harus menerapkan pola hidup sehat dengan mengurangi perawatan rambut menggunakan alat-alat salon. Penggunaan hair dryer, hair spray, catok rambut dan lain-lain yang berlebihan bisa menyebabkan rambut rusak, bercabang, kusam dan rontok.

Selain itu, Anda bisa mempertimbangkan metode perawatan keratin rambut di salon. Cairan protein akan dioleskan pada kulit kepala hingga batang rambut yang telah dicuci bersih lebih dahulu. Cairan protein akan meresap di rambut sekitar 20 menit dan dikeringkan sebelum memulai proses pelurusan menggunakan alat pemanas besi. Proses perawatan membutuhkan waktu sekitar 90 menit tergantung dengan panjang pendek rambut Anda.

Perawatan protein ke helai rambut ini juga tidak boleh dicuci selama 3-4 hari. Hal ini berfungsi agar cairan keratin yang diberikan pada rambut bisa bekerja secara optimal. Semua orang bisa melakukan metode perawatan ini, tetapi orang yang memiliki rambut terlalu tipis atau halus tidak disarankan sebab bisa membuat rambut menjadi lebih lepek. Anda juga wajib berkonsultasi pada dokter lebih dahulu jika memiliki kondisi rambut tertentu.

Meski diklaim lebih aman dibandingkan metode perawatan pelurusan rambut lain, Anda harus memastikan bahwa produk salon kecantikan terbebas dari formaldehid. Orang yang memiliki psoriasis dan dermatitis seboroik wajib konsultasi dengan ahli kulit agar tidak terkena efek negatif yang berbahaya.

Perawatan rambut menggunakan sampo keratin

Shampoo keratin berguna untuk menyuntikkan protein alami ke helai rambut agar bisa memperbaiki dan melindungi batang rambut dari risiko kerusakan. Penggunaan sampo bisa memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan rambut Anda. Kalau Anda merupakan pemilik rambut super kering dan kusam, wajib mempertimbangkan penggunaan sampo dan kondisioner yang mengandung protein paling dibutuhkan rambut.

Jika perawatan keratin di salon membutuhkan biaya lebih mahal yang bisa mempertahankan kondisi rambut lurus dan lembut sekitar 2,5 bulan. Anda bisa memilih perawatan kesehatan rambut yang terlalu kering dan kusam dengan sampo yang lebih murah. Namun, pastikan Anda memilih produk sampo dan kondisioner yang kredibel, aman dan tidak memiliki risiko pada mahkota indah Anda.
Yuk, miliki rambut yang berkilau dan sehat mulai sekarang juga! Gunakan sampo dan kondisioner yang cocok sesuai jenis rambut Anda!

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer