Manfaat dan keunggulan susu soya untuk si kecil


Susu soya atau yang sering kita kenal dengan susu kedelai di Indonesia sangat umum nya di kalangan banyak,Namun bolehkah kita memberikan susu soya untuk si kecil ?



·        Penjelasan susu soya

Susu soya atau susu kedelai sesuai dengan nama nya susu ini berasal dari kacang kedelai yang di peras lalu di rebus dengan air. Taukah kalian dalam secangkir(240 ml) susu soya tanpa pemanis setidaknya terkandung 7 gram protein, 4 gram lemak,4 gram karbohidrat, dan 80-100 kalori.

Biasa nya susu ini pada umum nya berwarna putih kekuningan hamper mirip dengan susu sapi,susu ini kaya akan protein dan zat besi.
Selain itu susu ini merupakan sumber folat kalium ,vitamin A ,vitamin D ,vitamin B ,isoflavon ,dan rendah lemak jenuh cocok bagi orang diet.

·        Apakah balita boleh di berikan susu soya???

Walaupun kaya akan protein dan zat besi, susu ini tidak bisa di nikmati bagi sebagian orang seperti bayi,terutama jika si bayi terlahir premature atau usia bayi masih berumur 1-6 bulan sebaiknya di berikan air susu ibu(ASI) saja. Mengapa demikian? Karena ASI dapat mencukupi semua nutrisi bayi untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Pada susu soya juga mengandung gula glukosa yang di khawatirkan dapat merusak gigi bayi dan anak. Kedelai juga mengandung senyawa alami fitoestrogen yang bisa menyebabkan pubertas pada masa dini dan menimbulkan masalah tiroid, anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan membutuhkan kalsium untuk perkembangan tulang, gigi, hormone, otot, dan juga system saraf pusat. 

Sedangkan, susu soya justru memiliki kalsium yang sangat rendah dan juga terdapat phytates yang dapat membuat penyerapan kalsium tidak maksimal. Pilihlah susu soya yang whole soy milk yang telah di beri tambahan nutrisi sebagai alternatifnya, untuk menunjang perkembangan otak si kecil. Mengapa harus whole soy milk, karena sudah diperkaya dan diperbanyak dengan vitamin A, vitamin D, dan Kalsium.

·        Perbandingan susu soya dengan susu sapi

Ada beberapa perbandingan susu sapi dengan susu soya diantara nya,yaitu:

1.     Kalori
Susu sapi segar (whole milk) mengandung 146 kalori, sedangkan susu soya hanya mengandung 100 kalori dalam secangkir gelas.

2.     Lemak
Dalam segelas cangkir susu sapi mengandung 8gram lemak, sedangkan susu soya mengandung setengah nya saja yaitu 4gram lemak.

3.     Protein
Dalam segelas cangkir susu sapi mengandung 8gram protein hampir sama dengan susu sapi ,susu soya mengandung 7gram protein.

4.     Serat
Susu sapi mengandung 0gram serat,sedangkan susu soya mengandung 2gram serat.

5.     Vitamin B12 dan Kalsium
Susu sapi mengandung vitamin B12 yang biasanya di jumpai pada makanan yang berasal dari hewan , sedangkan susu soya tidak karena ia berasal dari hewan melainkan tumbuhan.

Susu sapi memiliki kalsium yang lebih tinggi ,di bandingkan dengan susu soya yang memiliki kalsium yang lebih rendah.

Perlu di ingat jika anak anda alergi pada susu sapi, tidak menutup kemungkinan bahwa anak anda juga alergi pada susu soya ,sekisar 10-14 persen ia juga alergi terhadap susu soya.

Susu soya memang sehat dan juga cenderung aman sebagai pengganti alternatif susu sapi. Akan tetapi, pastikan anak anda tidak alergi pada susu soya dan mau meminum nya.

Hal dan cara yang paling aman adalah menanyakan pendapat dan saran kepada dokter anak anda sebelum mencoba memberikan makanan baru pada anak anda.

Berhati-hatilah terhadap alergi makanan apa pun itu!!!

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer